Postingan Terbaru

Solidaritas Sosial Dalam Mobilisasi Mata Pencaharian Masyarakat Pesisir di Desa Tanjung Lalak Kec. Pulau Laut Kepulauan Kab. Kotabaru Kalimantan Selatan.



Oleh :  Mursalim 

Skripsi ini berjudul “Solidaritas Sosial dalam Mobilisasi Mata Pencaharian Masyarakat Pesisir di Desa Tanjung Lalak Kec. Pulau Laut Kepulauan Kab. Kotabaru Kalimantan Selatan”. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses mobilisasi mata pencaharian pada masyarakat pesisir di Desa Tanjung Lalak Kec. Pulau Laut Kepulauan Kab. Kotabaru Kalimantan Selatan, (2) Bagaimana bentuk solidaritas masyarakat dalam mobilisasi mata pencaharian masyarakat pesisir di Desa Tanjung Lalak Kec. Pulau Laut Kepulauan Kab. Kotabaru Kalimantan Selatan. Adapun tujuan yang ingin dicapai penulis ialah bagaimana proses mobilisasi mata pencaharian, dan bentuk solidaritas masyarakat pesisir di Desa Tanjung Lalak Kec. Pulau Laut Kepulauan Kab. Kotabaru Kalimantan Selatan. 

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi, pendekatan sejarah, dan pendekatan agama. Adapun sumber data penelitian ini adalah tokoh pemerintah desa, tokoh agama, dan masyarakat setempat yang beralih pekerjaan. Selanjutnya metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi berupa foto. Kemudian teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, analisis perbandingan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses terjadinya mobilisasi mata pencaharian masyarakat pesisir di Desa Tanjung Lalak Kec. Pulau Laut Kepulauan Kab. Kotabaru Kalimantan Selatan, beralih pekerjaan dari nelayan ke pekebun atau nelayan beralih jadi buruh sawit, hal tersebut  disebabkan karena sebagian masyarakat mengalami tidak kuat secara fisik, kebutuhan dalam keluarga, musim paceklik, kapal rusak, tidak lancar lagi muatan kapal, tidak pasti penghasilan atau gaji, modal tidak ada, dan kurang penghasilan. 


Bentuk solidaritas dalam mobilisasi mata pencaharian masyarakat pesisir di Desa Tanjung Lalak Kec. Pulau Laut Kepulauan Kab. Kotabaru Kalimantan Selatan solidaritasnya berkurang, disebabkan peralihan pekerjaan utama yang awalnya bermata pencaharian di laut beralih pekerjaan di daratan yang lebih terikat sehingga masyarakat tidak bisa meninggalkan pekerjaan, lebih mementingkan pekerjaan pribadi, mesti ada upah atau gaji, kecemburuan sosial, bantuan pemerintah yang tidak merata, dan kesibukan pada pekerjaan.

Download Skripsi:


No comments:

Sampaikan kritik dan saran anda dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun

Powered by Blogger.