Postingan Terbaru

LOWONGAN CPNS YANG BISA DIMASUKI OLEH JURUSAN SOSIOLOGI DI BADAN INTELIJEN NEGARA (BIN)







Pada penerimaan CPNS gelombang ke-2 ini, pemerintah membuka lowongan sebanyak 17.928 pegawai yang tersebar di berbagai instansi pemerintahan. Salah satu instansi diantaranya adalah BIN atau Badan Intelijen Negara yang mana pada kali ini sedang membutuhkan pegawai baru 199 orang. Penerimaan pegawai baru ini didasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 80 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Badan Intelijen Negara Tahun 2017.

Unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi atau alokasi penempatan adalah sebagai berikut: (1) Sekretariat Utama; (2) Inspektorat Utama; (3) Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri; (4) Deputi Bidang Kontra intelijen; (5) Deputi Bidang Intelijen Ekonomi; (6) Deputi Bidang Intelijen Teknologi; (7) Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri; (8) Deputi Bidang Intelijen Komunikasi dan Informasi; (9) Deputi Bidang Analisis dan Produksi Intelijen; (10) Badan Intelijen di Daerah; (11) Pusat Pembinaan Profesi Intelijen; (12) Pusat Pendidikan dan Pelatihan.

Dari 57 jabatan yang dibuka, setidaknya ada 7 jabatan diantaranya yang bisa dimasuki oleh lulusan sosiologi, yaitu:
  1.  Analis Bahan Keterangan dengan unit penempatan di Badan Intelijen Negara Daerah. Jumlah kuota yang dibuka untuk jabatan ini adalah sebanyak 15 orang dengan jenis formasi umum.   Adapun kualifikasi pendidikan untuk jabatan ini adalah untuk S2: semua jurusan Teknologi Infomrasi, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Publik, Semua Jurusan Ekonomi, Kajian Intelijen, Hubungan Internasional, Ilmu Politik dan Sosiologi.
  2. Analis Bahan Keterangan dengan unit penempatan di Badan Intelijen Negara Daerah kedua. Jumlah kuota yang dibuka untuk posisi ini adalah sebanyak 99 pegawai yang terdiri dari formasi: 10 cumlaude, 3 putra/i papua barat dan 86 umum. Adapun kualifikasi pendidikan untuk jabatan ini adalah untuk S1: Perikanan, Kelautan, Pertanian, Pertahanan, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Manajemen, Sosiologi, Kesejateraan Sosial, Teknik Industri, Ilmu Agama, Hukum Islam, Perbandingan Agama, Antropologi, Psikologi, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Cina, Hubungan Internasional, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informatika, Teknologi Informasi, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Publik, Kimia, Fisika, Biologi dan Geografi.
  3. Analis intelijen pada Subdirektorat Kependudukan Dit-43 De-IV. Kuota yang dibuka untuk posisi ini adalah 1 orang dengan formasi umum. Adapun kualifikasi pendidikan yang bisa memasuki jabatan ini adalah S1 jurusan: Sosiologi,  Sosiatri, Kesejahteraan Sosial, Ilmu Ekonomi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat.
  4. Analis intelijen pada Subdirektorat Energi dan Kependudukan Dit-74 De-VII dengan alokasi sebanyak 2 pada formasi umum. Kualifikasi pendidikan yang bisa memasuki jabatan ini adalah S1 jurusan: Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, Sosiologi, Sosiatri, Kesejahteraan Sosial, dan Ilmu Ekonomi.
  5. Analis intelijen pada Subdirektorat Radikal Kanan Dit-33 De-III. Kuota: 3 (formasi umum), Kualifikasi Pendidikan S1 jurusan: Sastra Arab, Ilmu Agama, Hukum Islam, Psikologi, Sosiologi dan Antropologi.
  6. Analis intelijen pada Subdirektorat Radikal Lainnya Dit-33 De-IIIKuota: 2 (formasi umum) Kualifikasi Pendidikan S1: Sosiologi, Antropoli, Psikologi 
  7. Analis intelijen pada Subdirektorat Radikal Kiri Dit-33 De-III, Kuota: 2 (formasi umum),  Kualifikasi S1 jurusan: Sastra Rusia, Sosiologi, Psikologi dan Antropologi.
  8. Analis intelijen pada Subdirektorat Papua Dit-25 De-II,    Kuota : 2 (formasi umum),  Kualifikasi Pendidikan S1 Jurusan: Sosiologi, Antropologo, Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan.

Adapun Jadwal Seleksi CPNS Badan Intelijen Negara adalah sebagai Berikut:
·         5 – 19 September 2017     : Pengumuman Penerimaan
·         11 – 25 September 2017   : Pendaftaran Online (https://sscn.bkn.go.id)
·         30 September 2017           : Pengumuman Sekelsi Administrasi
·         2 – 6 Oktober 2017           : Cetak Nomor Ujian Secara Online
·         9 – 20 Oktober                  : Seleksi Kompentensi Dasar (SKD) sistem CAT
·         23 Oktober 2017               : Pengumuman Sekeksi Kompetensi Dasar
·         25 Okt – 8 Nov 2017        : Sekelsi Komptensi Bidang (SKB) meliputi Psikotesr dll
·         20 November 2017           : Pengumuman Kelulusan Akhir secara online
·         21 Nov – 10 Des 2017      : Pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.



*) Apabila terdapat perubahan jadwal tahapan seleksi, akan diumumkan melalui laman http://bin.go.id




Oh ya, jangan lupa like halaman kami di facebook:

No comments:

Sampaikan kritik dan saran anda dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun

Powered by Blogger.