Postingan Terbaru

Pengertian Sosiologi Perkotaan

Oleh: Trisna Nurdiaman



Menurut Paulus Hariyono, sosiologi kota dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antarmanusia, baik sebagai individu maupun kelompok manusia yang terdapat dalam kawasan kota. Sedangkan kawasan kota mencakup berbagai macam, seperti ekonomi, hukum, kesehatan, dan lain-lain.
Sementara itu menurut Sapari Imam Asy’ari, Sosiologi perkotaan atau sosiologi kota (urban sociology) ialah ilmu sosiologi yang memperlajari atau menganalisis segi-segi kehidupan manusia bermasyarakat dalam kawasan kota atau perkotaan.
Menurut M. Cholil Mansyur, urban sosiologi yaitu sosiologi yang khusus mempelajari aspek kehidupan masyarakat kota, baik karena perpindahan maupun karena revolusi industri. Adanya urbanisasi disebabkan antara lain : adanya musim paceklik, karena penduduk kampung atau desa makin bertambah.

Dengan demikian, sosiologi perkotaan dapat didefinisikan sebagai cabang kajian sosiologi yang secara khusus mempelajari berbagai sendi kehidupan masyarakat kota baik secara sosial, ekonomi, budaya, hukum, politik, kependudukan maupun kesehatan.Objek kajian sosiologi kota cukup luas, misalnya : masyarakat dan kebudayaan; kemajemukan atau kepluralitasan masyarakat kota; pola perilaku dan penataan kawasan; kemerosotan sosial dan pemanfaatan ruang; manusia dan lingkungan alam; pola-pola sosial dalam bangunan; gerakan sosial dan pembangunan kota; dan persoalan-persoalan sosial kota lainnya.

Oh ya, jangan lupa like halaman kami di facebook:

No comments:

Sampaikan kritik dan saran anda dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun

Powered by Blogger.