Postingan Terbaru

Pentingnya Pembangunan Sektor Industri dalam Masyarakat


Pentingnya Pembangunan Sektor Industri dalam Masyarakat


(Gambar 1: Pekerja Pabrik)

Salah satu kegiatan ekonomi yang sangat penting bagi kehidupan manusia adalah kegiatan industri. Melalui kegiatan industri kitda dapat memenuhi segala kebutuhan, baik kebutuhan primer, sekunder, maupun  tersier.
.
Peralihan sistem mata pencaharian masyarakat dari sektor agraris ke sektor industri tidak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan spesialisasi kerja, dan peningkatan kompleksitas kebutuhan dan keinginan masyarakat modern.

Satu strategi yang dianggap sebagai keniscayaan untuk memajukan proses pembangunan di sebuah negara adalah strategi industrialisasi atau menggalakan bidang industri. Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengelola bahan mentah, barang setengah jadi, atau barang jadi menjadi barang yang lebih tinggi kegunaannnya, termasuk kegiatan rancang bangun dan rekayasa teknologi. Industrialisasi dianggap sebagai jalan pintas untuk meretas kemakmuran satu negara secara lebih cepat dibandingkan tanpa melalui proses tersebut. Adapun tujuan pembangunan industri di Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Memperluas dan meratakan kesempatan kerja serta kesempatan berusaha.
  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara bertahap, mengubah struktur perekonomian ke arah yang lebih baik, maju sehat dan lebih seimbang. Semua dilakukan sebagai upaya meletakkan dasar yang lebih kuat dan lebih luas bagi pertumbuhan ekonomi pada umumnya serta memberikan nilai tambah bagipertumbuhan industri pada khususnya.
  3. Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat secara adil dan merata dengan memanfaatkan dana, sumber daya alam, dan hasil budi daya dengan memperhatikan keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup.
  4. Meningkatkan kemampuan dan penguasaan teknologi tepat guna dan menumbuhkan kepercayaan terhadap kemampuan dunia usaha nasional.
  5. Meningkatkan keikutsertaan masyarakat dan golongan ekonomi lemah termasuk pengrajin untuk berperan aktif dalam pembangunan industri.
  6. Meningkatkan penerimaan devisa negara melalui peningkatan ekspor hasil produksi nasional yang bermutu disamping penghematan devisa melalui pengutamaan pemakaian hasil produksi dalam negeri dan mengurangi ketergantungan pada luar negeri.
  7. Mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan industri yang menunjang pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan Wawasan Nusantara.
  8. Menunjang dan memperkuat stabilitas nasional yang dinamis dalam rangka memperkukuh pertahanan nasional.

(Gambar 2: Pembangunan Industri)

Pembangunan sektor industri di Indonesia memang pada satu sisi memang meberikan dampak positif bagi kesejahteraan penduduk. Namun hal tersebut juga pada satu sisi yang lain juga terjadi disfungsi sosial dimana pembanguan industri menyebabkan peningkatan konsentrasi penduduk dikota atau persebaran penduduk yang tidak merata, kerusakan lingkungan, ketimpangan desa-kota serta, serta kemunduran sektor pertanian. Oleh karena itu, pembangunan industri sudah seharusnya memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Pembanguan diartahkan kepada pertumbuhan industri yang serasi, seimbang, yang terpadu antara sektor industri dan sektor ekonomi lainnya, antara satu daerah dengan daerah yang lainnya.
  2. Peningkatan pembangunan industri di daerah  sehingga mengurangi ketimpangan desa-kota.
  3. Pembangunan industri hendaknya dilakukan di tempat-tempat yang serasi baik dari segi pemukiman penduduk, ketersediaan sumber daya, dan ketersediaan sarana lainnya.
  4. Pembangunan industri disesuaikan dengan sumber daya alam yang ada sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi nasional yang sebesar-besarnya.
  5. Pembangunan industri hendaknya memperhatikan keselarasan dan kelestarian lingkungan, memanfaatkan dan mengolah potensi alam secara berkelanjutan.


Oh ya, jangan lupa like halaman kami di facebook:

No comments:

Sampaikan kritik dan saran anda dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun

Powered by Blogger.