Postingan Terbaru

Tentang Sahabat Sosiologi




Dengan dilatarbelakangi oleh kondisi sosial budaya masyarakat saat ini yang telah bergeser pada ralitas virtual, Sahabat Sosiologi hadir sebagai media informasi online yang menyajikan tulisan-tulisan mengenai teori sosial, biografi ilmuwan sosial, analisisis sosial, dan opini sosial.

Tujuan utama dari berdirinya Sahabat Sosiologi adalah untuk:
1.    Memasyarakatkan sosiologi
2.    Mengahadirkan sosiologi sebagai ilmu yang relevan, handal, berguna, dan mudah dipahami oleh masyarakat.
3.    Meningkatkan pengaruh sosiologi dalam mengintervensi cara pandang masyarakat.
4.    Menjadikan sosiologi sebagai jembatan yang menyambungkan berbagai ilmu pengetahuan dalam ranah praktis.

Tujuan tersebut memang bukalan suatu hal yang mudah untuk dicapai, namun hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Oleh larena itu sahabat sosiologi dalam hal ini hanyalah bertidak sebagai media yang pertama-tama ditujukan untuk meningkatkan solidaritas sosial para sosiolog untuk mengabdi pada masyarakat. Sahabat Sosiologi sangat terbuka bagi kritik dan saran para pegiat isu sosial. Apabila sahabat ingin menyumbangkan karya tulisnya untuk di publish di www.sahabat-siologi.or.id silahkan kirim ke email: [email protected].
  

Apa itu sahabat sosiologi?

Sahabat sosiologi adalah media literasi sosiologi online yang mempunyai visi untuk memasyarakatkan sosiologi. Maksud dari memasyarakatkan sosiologi adalah menjadi sosiologi ilmu sosiologi bukan hanya sebagai seperangkat teori saja, melainkan juga sebagai ilmu yang yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan sosial. Sosiologi harus mampu menjadi ilmu yang mengintervensi cara pandang masyarakat terhadap realitas sosial, sehingga mereka bisa menyikapinya dengan bijak. Sosiologi harus menjadi ilmu yang mampu mengidentifikasi, membangkitkan dan mengubah energi sosial yang terpendam dalam masyarakat menjadi sumberdaya pembangunan. Sosiologi harus mampu mengasilkan para cedekia yang siap menjadi bagian dari motor penggerak dari roda sosial kehidupan yang bernama masyarakat.

Mungkin cita-cita tersebut memanglah sangat tinggi dan tidak mudah untuk dicapai, namun hal tersebut sebenarnya bukanlah suatu hal yang utopis apa bila para sahabat pecinta sosiologi semuanya mau bersatu, menyumbangkan pikiran dan tenaganya untuk merumuskan sebuah pertanyaan besar yang perlu kita pecahkan bersama. Pertanyaan tersebut adalah:

1.    Apa itu energi sosial?
2.    Bagaimana wujud dari energi sosial itu sendiri?
3.    Bagaimana suatu energi sosial bisa bangkit dan meledak dalam suatu masyarakat?
4.    Bagaimana cara memanfaatkan dan mengubah energi sosial menjadi kemajuan peradaban?

5.    Siapa orang yang selama ini mampu membangkitkan energi sosial masyarakat?


No comments:

Sampaikan kritik dan saran anda dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun

Powered by Blogger.